KOTA CANTIK PALANGKA RAYA



KOTA CANTIK PALANGKA RAYA


Assalamuaikum readers.
Selamat datang di post pertama saya. Kali ini saya akan membahas tentang daerah asal saya yaitu Palangka Raya.

Kota Palangka Raya atau Palangkaraya adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 376.647 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (Sensus 2015). Palangka Raya adalah kota cantik. Bukan  hanya perempuannya, tapi karena memang rupanya mempesona. CANTIK juga moto kota ini yang berarti TerenCana, Aman, Nyaman, Tertib, Indah dan Keterbukaan. Palangka Raya merupakan kota dengan wilayah terluas di Indonesia atau setara 3,6 kali luas Jakarta.

Kalimantan Tengah mempunyai beberapa suku etnis yaitu etnis Dayak dan Banjar. Beberapa subetnis Dayak yang terdapat di Kalteng yaitu Ngaju, Bakumpai, Maanyan, Ot Danum, Siang, Murung, Taboyan, Lawangan, Dusun dan subetnis lainnya dalam jumlah relatif kecil. Besarnya proporsi orang Jawa dan Banjar di Kalimantan Tengah karena banyaknya transmigrasi asal Jawa yang masuk ke Kalimantan Tengah dan besarnya perantauan orang Banjar dari Kalimantan Selatan.

BUDAYA
1.       Tiwah
Upacara adat keagamaan ini merupakan bagian dari kepercayaan umat Hindu Kaharingan, yaitu agama tertua di Kalimantan. Ritual ini adalah prosesi menghantarkan roh leluhur atau sanak keluarga yang telah meninggal dunia menuju alam baka, dengan cara  menyucikan dan memindahkan sisa-sisa jasad yang berupa tulang belulang dari liang kubur ke tempat yang dinamakan Sandung. Ritual ini juga dilengkapi persembahan hewan yang biasanya berupa kerbau, oleh sebab itu biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ritual ini cukup mahal.
Beruntunglah saya pernah melihat upacara tiwah secara langsung dari balkon rumah saya.  Karena pihak penyelenggara adalah tetangga depan rumah saya. Sampai saat ini masih banyak orang yang belum pernah melihat upacara ini secara langsung. Itulah sebabnya jika ada berita mengenai dilaksanakannya Tiwah masyarakat dari berbagai daerah akan berbondong – bondong datang untuk menonton.
2.       Festival Budaya Isen Mulang
Festival seni dan budaya tahunan yang dilaksanakan sebagai wujud apresiasi pemerintah dan masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah atas peninggalan adat istiadat leluhur ini diadakan setiap bulan April. Dalam festival ini ditampilkan berbagai perlombaan tradisional seperti Tari Tradisional, Lomba Balogo, Lomba Manewang, Manetek, Manyila Kayu, Lomba Lagu Budaya Karungut, Sepak Sawut, Besei Kambe, Mengaruhi, dan lainnya.
Kalau menurut saya Festival Budaya Isen Mulang ini LUAR BIASA KERENNYA. Bahkan ada banyak turis mancanegara yang tidak ketinggalan ikut menoton festival ini. Lomba yang  difavoritkan  oleh banyak orang adalah lomba Tari Tradisional dan Lomba Mengaruhi. Tari yang ditampilkan para peserta sangat berkelas bahkan saya hanya bisa melongo terkagum – kagum setiap penampilan para peserta selesai. Lain lagi ceritanya dengan lomba Mengaruhi yaitu lomba menangkap ikan dengan tangan kosong. Para penonton sangat kompak menyemangati kelompok andalannnya yang sedang kesusahan menangkap ikan yang licin dan tajam.

CIRI KHAS
 Jembatan Kahayan merupakan ikon nya Kota Palangkaraya. Jembatan sepanjang 640 m dan lebar 9 meter ini memiliki bentang busur berwarna merah sepanjang 150 m dan tinggi 36 m yang berada tepat di atas jalur pelayaran Sungai Kahayan. Jembatan ini pertama kali dibangun pada tahun 1995 dan selesai dibangun pada tahun 2001, serta diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 13 Januari 2002. Jembatan Kahayan menghubungkan pusat Kota Palangkaraya dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan tembus ke Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kapuas, Barito Selatan, Barito Utara, dan lainnya.


Banyak orang berpikir bahwa di bawah jembatan identik dengan tempat yang kotor, berantakan, dan tidak tertata. Nah lain ceritanya di bawah jembatan Kahayan ini, dimana dijadikan tempat kumpulan kuliner dan taman Pasuk Kameluh. Jadi kita bisa menyantap makanan sambil melihat kemegahan jembatan Kahayan dan aktivitas warga di sungai kahayan ini. Tidak diragukan lagi tempat ini  menjadi salah satu spot favorit untuk bersantai bersama keluarga atau teman di sore hari.

Komentar

Postingan Populer